Belakangan, WFH membuat saya menghabiskan waktu di depan laptop.

Sudah sebulan lebih tidak bisa ke mana-mana. Akhirnya terpikir membuat aktivitas sebagai blogger dan youtuber lebih serius. Soal ngeblog, tentu saja terus berusaha diseriusi. Maklum sudah ngeblog lebih dari 10 tahun, he he. Maka mencoba membuat beberapa postingan, membenahi tampilan, termasuk tautan ke google analytics dan lain-lain. Juga membangun brand baru, abdulhamid.id yang pelan-pelan akan menggantikan brand abdul-hamid.com

Nah, untuk youtube, sebetulnya saya sudah mulai serius dua bulan sebelum Pandemi Covid-19. Saya mewawancarai beberapa kawan tentang pengalamannya studi di luar negeri. Ada pak Yearry alumni Amrik, Om Adit alumni Jerman, sampai Kang Agus David alumni Taiwan. Saya juga membuat channel untuk edukasi politik bertajuk The Spin Doktor bareng Dr. Aditya Perdana. 

maxresdefault (2).jpg

Nah ndilalah, pagebluk corona dateng.

Di kala itulah saya mempelajari beberapa aplikasi pembelajaran online. Saya gak sengaja buat tutorial google meet. Sederhananya karena zoom yang populer justru memiliki banyak keterbatasan. Saya lempar ke grup IDRI. Ternyata tutorial google meet tersebut banyak dibutuhkan oleh para Dosen dan linknya menyebar ke mana-mana. Sampai hari ini sudah 47.017 (empat puluh tujuh ribu tujuh belas) views.

Hal ini menunjukkan, kebijakan e learning di Indonesia ternyata tidak diikuti oleh peningkatan skill para dosen secara terlembaga. Jadi para dosen mencari sendiri bagaimana melakukan pembelajaran online, dan ketemu tutorial sederhana yang saya buat. Viral.

Tutorial lain yang juga viral walaupun nggak seheboh tutorial google meet adalah tutorial Jitsi-meet. Video ini idenya juga sederhana. Untuk membuka kelas di google meet kita butuh akun google suite. Gak semua dosen punya. Nah, zoom sendiri belakangan dihindari karena memiliki banyak masalah keamanan.

Jitsi meet, aplikasi open source dan (sejauh ini) aman, bahkan tidak butuh registrasi, adalah salah satu solusinya. Tutorialnya pelan-pelan mendapatkan views yang tinggi seiring dengan semakin banyaknya pelarangan zoom oleh berbagai instansi. Per-hari ini sebanyak 1.226 views. Masih sedikit di bawah tutorial videoscribe sebanyak 1.964/

Sampai tulisan ini dibuat sudah mencapai 535 (Di screenshot kurang satu) . Adapun jam tayang saya masih 2.498 jam. Masih butuh kerja keras untuk mencapai syarat monetize youtube, yaitu 535 subscribers dan 4000 jam tayang. Oh ya memiliki subscribers sebanyak 1000 juga syarat untuk bisa live streaming via handphone.

Screen Shot 2020-04-27 at 10.32.52 PM.png

***

Sudah dulu ah, besok ngajar online jam 07.30, gak boleh bablas ketiduran habis sahur.
Jika mau subscribe klik ini ya: http://youtube/abahhamid

Kalau mau disubscribe, tulis aja di kolom komentar, kita #tumbuhbarengbareng

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.