Ini derita saya setiap Ramadhan.

Setiap malam saya mengalami insomnia. Pasalnya sederhana, saya minum kopi sehabis isya. Nah kopi ini memberi energi buat tubuh, terutama otak dan mata. Biasanya mengerjakan pekerjaan seperti mengoreksi proposal tesis atau skripsi, ngerjain riset, menulis naskah jurnal atau ngeblog dan ngeyutub juga di malam hari. Maka jadilah saya hampir tak pernah tidur di bawah jam 12malam.

Nah hari selasa dan rabu ini, jadwal ngajar jam 07.30. Tentu saja tiada kopi karena puasa, jadi menderita bukan main. Saya juga gak berani tidur habis subuh, takutnya bablas.

Buat peminum kopi, puasa memang membingungkan. Minum kopi saat sahur bikin dehidrasi, saat buka biasanya yang manis-manis, seperti teteh eh teh manis, kopi kan pahit, nah habis tarawih, ya bikin gak bisa tidur seperti sudah terjadi beberapa hari ini.

Hmm mungkin tubuh sedang menyesuaikan.

Saya inget pertama kali jadi kalong ketika bulan puasa terakhir di Kyoto. Waktu itu deadline disertasi juga. Jadilah mulai bekerja menulis efektif sehabis buka puasa sampe sahur. Setelah subuh, tidur sampai jam 12. Bekerja lagi menulis jam 12 sampai ashar. Ashar sampai magrib cari atau bikin makanan buka puasa. Nah habis maghrib mulai menulis diselingi solat isya dan tarawih… teruuus aja siklusnya begitu.

Sidang doktoral saya juga dilaksanakan pada bulan puasa. Tidak ada konsumsi sama sekali. Penguji dan mahasiswa bawa minum sendiri. Nah, malemnya baru makan-makan karena kebetulan ada ifto jama’i di kampus.

20150630_185038

Jadi yang paling pas minum kopi di bulan puasa teh jam berapa?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.