Tulisan ini saya buat sambil ngopi.
Ya ini jam 2.24 pagi. Satu jam lagi waktu sahur.
Saya masih jadi kalong.
Niatnya sih tidur cepat, makanya habis isya gak ngopi. Namu terbangun jam satu malam dan gak bisa tidur lagi. Jadilah membenahi tampilan akun youtube abah hamid dan nulis tulisan ini.
Lucu juga lihat video lama yang asal upload kayak begini 😉
 


Nah, alhamdulillah dapet kopi kiriman Kang Fuad Hasan, kopi robusta gunung karang cap toleat. Saya dikirim dua bungkus biji kopi dan satu bungkus gula aren. Kopi robusta memang lebih pahit, jadi saya minum bareng gula aren. Kalau kopi arabika biasanya without sugar at all.
Saya senang karena yang dateng biji kopi. Ya kopi terbaik itu kopi yang kita giling sendiri sebelum diminum. Beda rasanya, wangi dan segar. Jadi gilingnya ya untuk satu porsi gelas saja. Dulu saya punya gilingan manual, niatnya sambil membesarkan otot. Pegel iya, otot gak besar-besar dan kelamaan.
Jadilah beli gilingan yang murah meriah di marketplace online. Hasilnya tidak mengecewakan kok. Soal cara seduh ya bebas aja. Saya biasanya pake kertas filter. Kerennya disebut v60 kali ya. Kata tutorial airnya harus gak boleh betul-betul mendidih,85 derajat celcius. Tapi saya mah bandel. Kalau gak mendidih gak nendang.

Makanya saya sadar gaya ngopi saya gak bisa dibikin di tutorial youtube. Ntar dimarahi barista beneran.

WhatsApp Image 2020-05-01 at 2.35.20 AM.jpeg
Ilustrasi, foto dibuat sebelum ramadhan

Kopi ini jadi sumber energi. Saya biasanya negeyutube, ngeblog atau nonton drakor mesti ngopi. Kerjaan lain yang sama seriusnya seperti baca buku, meriksa draft tesis dan skripsi atau melakukan webinar biasanya sambil ngopi juga. Kemarin juga baru bereskan proposal riset percepatan guru besar, alhamdulillah gak sampai deadline udah beres. Nah di meja ada berkas Penilaian Angka Kredit (PAK) yang harus saya nilai, insyaAllah disentuh segera. Semuanya dikerjakan lebih lancar kalau sambil ngopi. Jadi seperti postingan sebelumnya, ramadhan ini ya mesti ngalong karena kalau pagi sampai sore saya berhibernasi seperti beruang. Kecuali kalau harus berinteraksi dengan orang lain seperti ngajar online atau rapat online.

Dan apa pelajaran moral dari tulisan ndak jelas ini?
Ngopilah sebelum imsak 😉

Tapi beneran saya pengen nanya. Menurut ngana, kapan waktu ngopi terbaik di bulan Ramadhan?

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.