Yiay…

Akhirnya, lewat sehari dari bulan Mei, saya berhasil memenuhi tantangan sebagai youtuber untuk memenuhi syarat monetisasi akun youtube.com/abahhamid. Tantangannya bukan monetize lho ya, tapi memenuhi syaratnya, yaitu mendapatkan 1000 subscriber dan 4000 jam tayang dalam setahun terakhir.

Sekarang proses monetisasinya sedang berproses. Pastinya ada kendala karena ternyata duluuuuu sebagai blogger saya pernah menggunakan adsense dan cilakanya akun adsense saya tersebut masih aktif, bahkan ada uang yen-nya dan memakai lokas negara Jepang dan rekening Bank Jepun. Saya biarkan berproses dulu, nanti akan buat akun adsense baru dan menggantinya.

Screenshot 2020-06-02 04.23.26

Pola saya agak berbeda dengan teman-teman youtuber lain. Biasanya youtuber pemula lebih sulit mendapatkan 4000 jam tayang daripada 1000 subscriber. 1000 subscriber bisa didapatkan dengan cara promosi via medsos, bertukar subscriber, dan lain-lain. Tapi jam tayang hanya bisa dilakukan dengan membuat orang tertarik dan menonton video kita.

Nah WFH ini memberi berkah buat saya. Salah satu video saya, tutorial menggunakan google meet ternyata viral dan sampai hari ini ditonton oleh sekitar 70rb orang dan terus bertambah. Ini mendongkrak channel saya secara keseluruhan sekaligus menduduki ranking pertama dalam pencarian youtube untuk keywords terkait google meet.

Beberapa video lain cukup baik di kisaran ribuan, walaupun bahkan belum menembus angka 5000 sampai hari ini.

Screenshot 2020-06-02 04.15.01

Dan itu menariknya juga, video-video tutorial masih berjaya.

Sementara video terkait isu sosial politik justru tidak terlalu banyak peminatnya.

Jadi buat saya, syarat 4000 jam tayang sudah terpenuhi beberapa hari sebelum syarat 1000 subscriber terpenuhi😅. Aneh memang.

Nah sementara ini saya memutuskan untuk mengkombinasikan keduanya. Video-video tutorial sesuai kebutuhan audiens tetap akan saya produksi, sementara video tentang materi dan isu sosial politik sebagai genre akun youtube ini dan ekspresi idealisme saya sebagai dosen jelata, tentunya akan mulai lebih banyak dan agresif.

Maka menandai terpenuhinya 1000 subscriber dan 4000 jam tayang ini saya menggelar diskusi live streaming youtube “Ngopi Bareng Abah” dengan tema Kebebasan Akademik, Terancam? dengan mengundang Dr. Iqrak Sulhin, bisa disaksikan di bawah ini

Oh ya, bagaimana cara mudah membuat live streaming tanpa harus menginstall software apapun ada di tautan ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan