Alhamdulillah, lepas solat subuh ketika membuka email saya mendapat email dari YouTube bahwa akun youtube saya, abahhamid, resmi menjadi Youtube Partner atau istilah populernya, dimonetize.

Ini dia emailnya, dikirim jam 3:56 pagi (Tanggal 4 Juni):

Screenshot 2020-06-04 08.58.15

Nah ternyata jam 2:27, sudah ada email ini:

Screenshot 2020-06-04 08.59.44

Beberapa hari sebelumnya, 2 Juni jam 8:12 sudah ada pemberitahuan via email bahwa subscribers saya sudan mencapai 1000.

Apakah setting sudah selesai dan otomatis ada penghasilan dari YouTube?

Tentu saja belum.

Pertama, saya masih harus mengubah akun adsense saya dan menautkan ke akun adsense saya yang lain. Nah akun yang lain ini sedang dalam proses. Kenapa? Karena akun adsense saya selama ini pake akun Jepang, dibuat ketika saya studi di sana. Cilakanya tidak bisa diubah. Jadi sedang buat yang baru.

Kedua, ini yang terpenting, saatnya membuat perencanaan yang jelas akan akun youtube saya ini. Mengamati dengan jernih YouTube analytics dan merancang konten yang sesuai.  Buat saya, ibaratnya udah resmi punya ya toko, tinggal bagaimana caranya barang dagangannya laku, he he

Oh ya, saya juga mencatat pertumbuhan harian akun youtube saya. Saya ambil per-hari dari halaman monetize di YouTube studio. Mulai dari tanggal 27 April, karena di Hari itulah saya mengajak dosen-dosen di Grup IDRI untuk saling mendukung akun youtube masing-masing. Maap ya bikin keributan, he he

Postingan tersebut diserbu 4700-an komentar dan dishare 26 kali. Ternyata selama WFH banyak sekali Dosen membuat akun youtube. Masuk akal karena kita memang harus mengajar daring, jadi kenapa gak jadi youtuber sekalian?

Pertumbuhan akun abah

Jadi bisa dilihat dalam 35 hari syarat monetize terpenuhi dan tanggal 4 Juni resmi jadi YouTube partner.

Dari pengalaman ini ada Satu tips terpenting: Buat satu atau beberapa video yang betul-betul dipikirkan sesuai trend dan memang dibuat viral. Saya punya satu video tentang menggunakan google meet yang penontonnya sampai 70rb-an. Satu video ini menopang channel saya keseluruhan.

Walaupun tentu saja penting membuat video-video lain secara berkala. Kabarnya ini diverifikasi juga oleh google, menunjukkan sustainibility akun kita.

Tips lain, jangan malas merapihkan akun youtube kita. Ada banyak hal sederhana yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah mengkoneksikan akun-akun sosial media kita dengan akun youtube, begini caranya

***

Demikian, tulisan ini terutama penting sebagai menjadi catatan awal saya sebagai YouTuber pemula.

Jadi ini adalah awal yang baru lagi…

Iklan

Tinggalkan Balasan