Akhirnya kecapekan juga. Tumbang saia di Kalibata. Rencana ke Banten ditunda dulu menunggu perut dan kepala membaik. Oh ya walaupun kleyengan masih sempat membuat abstrak untuk presentasi di Mokpo, Korea bulan Mei nanti. Makalahnya juga belum dibuat, rencana ditulis di Banten dan disempurnakan di Kyoto. Soalnya sebagian data ada di sana.

Lha kenapa seneng banget seminar? Ada beberapa alasan. Pertama, memang kegiatan seminarku ini “buah”dari jejaring yang lama dibangun. jadi nyaris untuk ikut seminar tak melalui proses kompetisi call for paper, lebih karena “diundang”. Kegiatan seminar di beberapa negara tahun ini-pun direncanakan jauh hari, lebih dari setahun yang lalu. Kedua, ada kewajiban bagi Ph.D student untuk publikasi jurnal dan presentasi seminar internasional. Aku ingin melewati segala persyaratan tersebut secepat-cepatnya sehingga bisa disebut kandidat Ph.D dan segera fokus ke disertasi. Ada banyak cerita kawan yang disertasinya sudah selesai tapi terhambat untuk defense gara-gara publikasinya terhambat. Rencanaku ada beberapa publikasi yang terbit: paper di Moussons Perancis dan paper kemarin di jakarta yang mungkin jadi special issue jurnal CSEAS atau Giga.

Tahun depan sendiri rencana mematangkan penelitian. Mungkin tinggal satu atau dua bulan di Manado bersama keluarga, menyelami denyut politik disana.

Tinggalkan Balasan