Kabar gembira…

Selama ini membuka rapat atau kelas online di google meet hanya bisa dilakukan oleh pemilik akun google suite saja. Inilah yang banyak dikeluhkan oleh para dosen dan guru yang kampus atau sekolahnya belum menggunakan google suite for education.

Namun sebentar lagi, semua pemilik akun gmail bisa menggunakan google meet secara gratis. Hal ini disampaikan di laman depan google meet.

Nah layanan ini akan gratis selamanya, hanya semua fitur secara maksimal bisa dinikmati sampai 30 September. Artinya walaupun gratis, setelah 30 September, pengguna gratisan dibatasi hanya bisa memakainya selama 60 menit saja. Tapi lumayan, kompetitor terdekatnya yaitu zoom hanya 40 menit.

Saya sendiri menggunakan google meet untuk keperluan pekerjaan seperti rapat atau mengajar. Cukup efektif. Bahkan fiturnya semakin disempurnakan. Video conference atau meeting/kelas bisa direkam dengan kualitas yang amat baik. Bukan video screen ya, tapi perekaman dalam sistem google sehingga mengurangi noise. Pengguna dari smartphone juga bisa melakukan “share screen”, fitur yang belum ada ketika saya menggunakan google meet di awal-awal. Peserta rapat atau meeting juga bertambah kapasitasnya, dulu hanya 100 sekarang menjadi 250.

Yang saya tunggu fitur live streaming sebetulnya, selama ini hanya dibatasi hanya bisa disaksikan oleh mereka yang berada dalam satu institusi saja (Contoh karena saya dari ..@untirta.ac.id, maka penonton live streaming hanya dari akun ..@untirta.ac.id), padahal kapasitas penonton sampai 100.000.

Kalau benar nanti live streaming bisa terbuka, wah ini lompatan luar biasa. Saya duga bakal banyak yang “hijrah” dari kompetitornya.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.