Lanjut ke konten

Bulan: Oktober 2013

Artikel 0

Jumlah Mahasiswa Untirta

Beberapa hari lalu seorang kawan bertanya, berapa sih jumlah mahasiswa Untirta? Waduh, malu banget karena nggak bisa jawab, padahal aku dosen disana. Nah kebetulan kemarin buka website Untirta (www.untirta.ac.id), ini dia statistik mahasiswanya. Jumlah total mahasiswa S1-nya sebanyak 13.508 mahasiswa. Jumlah mahasiswa S2-nya sih belum dapat data, tapi mungkin beberapa ratus saja karena baru ada beberapa jurusan saja.  Berdasarkan Fakultas […]

Artikel 0

KOSONGNYA KAMPUS KITA

Agus Suwignyo  Rabu, 30 Oktober 2013Kampus-kampus perguruan tinggi di Indonesia belakangan ini kosong karena eksodus dosen-dosen dalam tiga gelombang.Pertama, dosen-dosen itu bereksodus dari profesi kedosenan. Banyak dosen berpindah menjadi pengurus partai politik atau pejabat pada birokrasi pemerintah. Meskipun ada banyak dosen cum politisi-birokrat itu akhirnya berlabuh di penjara karena korupsi, hasrat untuk hijrah ke pusaran kekuasaan terus meluas. Seorang rekan […]

Artikel 2

Mengingatkan Sahabat

Apa hal yang termasuk paling sulit di dunia ini? Mengingatkan teman atau sahabat. Yups, kesalahan cara dan kata sedikit saja bisa membuat hubungan yang awalnya kayak kepompong bisa menjadi seperti Tom dan Jerry.  Maksud baik belum tentu dianggap baik, apalagi ketika banyak distorsi. Mengutip Rendra “Maksud baik saudara untuk siapa? Saudara berada di pihak yang mana”. Nah apalagi jika bicara […]

Artikel 0

Upgrade Mac Ke Mavericks

Bulan ini nampaknya bulan upgrade. Yups, Macbookku ditawari upgrade ke OS X alias Mavericks. Langsung deh sedot, 5GB diselesaikan kurang dari setengah jam dan langsung install. Alhamdulillah lancar jaya. Tampilannya nampak jauh lebih segar dan gegas. Ini hasilnya: Nah di Appstore ada juga tawaran All-new keynote yang katanya terintegrasi dengan Ios 7 yang juga baru aku install di Iphone4s-ku. Awalnya […]

Artikel 0

Merawat Harapan

Bagi aku yang memutuskan menjadi abdi negara (baca: dosen PNS), merawat harapan itu penting. Kalau tidak bisa putus asa. Yups, berasal dari keluarga PNS Pendidik, sudah pasti kesederhanaan jadi nilai yang ditanamkan kuat-kuat. Bagaimanapun aku mencatat dalam ingatan, betapa dulu Apa sebagai guru MAN Cihideung dan Mamah sebagai guru SMPN 2 Pandeglang banting tulang bekerja di sekolah dan di kebon […]

Artikel 74

Karir dan Remunerasi Dosen di Indonesia (III)

Pegawai Kemendikbud dipastikan akan mendapatkan tunjangan kinerja mulai tahun ini, dihitung dari Bulan Juli. DPR sudah menyetujui anggaran untuk tunjangan kinerja sebesar Rp989,84 miliar. Ada beberapa hal yang bisa kita diskusikan dengan mengacu kepada pemberlakuan tunjangan kinerja di beberapa instansi lain dan beberapa data terbatas. 1. Apakah Guru akan menerima? Sepertinya tidak. Guru bukanlah pegawai Kemendikbud tetapi pegawai Pemerintah  Daerah. Bukan […]

Politiks 0

Segitiga Anti Perubahan

Ada segitiga yang membentuk lingkaran  segitiga setan anti perubahan. Segi pertama adalah penguasa yang tak punya leadership dan tamak, segi kedua aparat yang korup dan inkompeten, dan segi ketiga adalah rakyat yang penakut dan pencemooh. Ketiganya kemudian bersitemali dalam sistem yang bobrok. Perubahan bisa dimulai dari salah satu segi-nya. Namun kadangkala dua segi yang lain bisa berubah atau mempertahankan situasi […]

Artikel 0

Gagal Qurban

Tahun ini aku gagal mempertahankan tradisi keluarga kecilku untuk berqurban. Ya, selama beberapa tahun belakangan tradisi ini bisa berjalan, sesulit apapun. Namun  ternyata tahun ini situasinya cukup sulit. Beasiswa Dikti belum turun sampai saat-saat terakhir dan membuat kami memakan tabungan. Yah semoga para pengelola beasiswa sadar bahwa kelalaian dan ketidakbecusan mereka menyusahkan orang lain, bahkan untuk beribadah.

Artikel 0

Beasiswa Belum Datang

Saya geram sekali. Sampai hari ini beasiswa belum masuk ke rekening. Dikti pernah menyampaikan kalau namaku masuk list teroris dan aku diminta mengkonfirmasi beberapa data. Setahun lalu hal serupa terjadi dan proses cepat karena aku berkomunikasi langsung dengan CS Bank Mandiri Kemdikbud sehingga dua hari setelah klarifikasi uang masuk ke rekening. Dan ini sudah dua minggu sejak klarifikasi. Memalukan sekali, […]

Artikel 0

Bakwan Malas

Masih soal bakwan. Aku menyebutnya bakwan malas. Ya, karena bikinnya lebih gampang, cukup campur sayur dalam porsi banyak dengan tepung terigu, ditambah garam sedikit. Tambahkan air, dan goreng segumpal-segumpal (hm […]