Proses menjadi mitra youtube seutuhnya itu panjang banget. Kemarin saya baru mendapatkan surat berisi PIN Adsense yang dikirim dari Malaysia. Jadi sesuai postingan sebelunya, kamis minggu lalu saya ke Kantor Pos besar Tangerang dan menanyakan PIN tersebut. Petugas di sebuah ruangan mencarinya di tumpukan surat-surat dari google adsense. Jadi guys, untuk yang sudah mengajukan berkali-kali dan cukup lama, tanyakanlah ke kantor pos cabang kota-mu. Dalam kasus ini ruangan surat dari adsense berada di ruangan yang sama dengan barang-barang dari luar negeri yang memang kudu diambil sendiri. Mungkin karena suratnya dateng dari Malaysia.

Nah waktu itu, surat buat saya tidak ada di tumpukan. Namun Pak Pos yang ramah meminta saya meninggalkan nama, alamat dan no HP. Pulanglah saya dengan gontai pada hari itu.

Namun saya sudah mendapatkan plan B, jika sudah maksimal pengajuan (3X), maka masih ada alternatif lain tanpa harus menunggu surat berisi PIN. Karena itu saya ajukan lagi saja.

Ndilalah, kemarin ada Pak Pos datang, menyampaikan surat dari google Adsense sambil mengatakan, “Maaf Pak, suratnya baru ketemu”

Gambar berikut tidak memiliki atribut alt; nama berkasnya adalah Screen-Shot-2021-01-27-at-11.55.27-1024x977.png

Wah bahagia rasanya. Ternyata waktu saya diminta menuliskan nama, alamat dan no. HP, mereka betul-betul mencari, tidak basa-basi. Keren banget.

jadilah langsung saya unboxing dan buat videonya di channel youtube saya.

Kenapa kok heboh banget sih Abah?

Sederhana.

Proses jadi youtuber ini cukup melelahkan. Saya bisa dikatakan serius mengelola akun yotube abah hamid tanggal 27 April 2020 dengan woro-woro di Grup Ikatan Dosen republik Indonesia. Idenya saling support, karena dosen di era pandemi harus melaksanakan PJJ. Kenapa tidak nyambi ngeyoutube? toh juga mengisi dunia digital dengan hal-hal positif.

Waktu itu payung bersambut dan rekan-rekan sangat bersemangat, usul saya diserbu komentar 4700-an . Sampai ada grup dosen youtuber Indonesia segala.

Nahap tahap tersulit adalah memenuhi syarat 1000 subscriber dan 4000 jam tayang. Saya memenuhi syarat itu pada tanggal 1 Juni 2020. Subscriber saya mencapai 1012 dan jam tayang mencapai 4148. Syarat 4000 jam tayang sebetulnya lebih sulit, namun karena ada konten saya yang viral, saya mencapainya di tanggal 26 Mei dengan 4008jam tayang.

Nah setelah itu mengurus akun adsense, ada kendala namun bisa diatasi. Verifikasi rekening dan identitas juga bisa diselesaikan.

Sampailah pada momen ter-ngeselin. Entah kenapa perusaan High-Tech seperti Google masih harus menggunakan sistem verifikasi alamat dengan menggunakan surat konvensional. Di sinilah dramanya terjadi. Dua pengajuan yang saya sampaikan di Agustus dan November, tidak menunjukkan hasil. Tak ada surat berisi PIN datang ke alamat.

Inilah yang membuat saya agak down dan membuat channel saya tidak diupdate berbulan-bulan. Ditambah load pekerjaan yang menggila.

Sampai di kamis minggu lalu saya mencari berbagai informasi. Dan memutuskan saat itu juga ke kantor pos Tangerang.

Dan dimulailah cerita di awal tulisan ini.

Hmm, doakan penbdapatannya segera sampai 2M ya, he he

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.