Skip to content

Bulan: Februari 2014

Artikel 0

Belajar Berjuang dari Bang Juang

Aku pernah ketemu orang hebat yang tahu bagaimana bekerja keras, cerdas, humanis dan cekatan. Ya, kameraku gak bisa dipake. Bukan kamera-nya tepatnya, tapi lensa kit 18-55 yang umurnya memang sudah sekitar 3 tahun. Auto fokusnya gak bisa jalan, padahal sebagai fotografer kacangan aku gak bisa pake manual fokus, he he. Di Facebook ketemulah nama Service Lensa Canon. Lantas aku menghubungi nomor […]

Artikel 1

Mentalitas Kepiting

Akhirnya menemukan istilah yang pas: mentalitas kepiting. Istilah ini pernah diceritakan sahabat saya Oscar via telepon, tentang orang yang selalu menghalangi kemajuan orang lain. Hari ini saya menemukan kembali istilah itu di internet ketika mencoba memahami seseorang yang selalu mencela dan menyerang orang lain dengan kata-kata kasar. Awalnya saya mencoba tak ambil peduli “sing waras ngalah”, tapi lama-lama pensaran juga. […]

Artikel 0

Kangen Golok dan Cangkul

Ah tiba-tiba kangen golok dan cangkul. Ingat masa-masa mesti bikin puluhan lubang untuk menanam pisang atau mengumpulkan berember-ember tai kambing untuk menanam jagung. Hmm rasanya lucu juga, sepulangnya dari Jepun, buat kebon sederhana dekat tempat mengajar. Menghabiskan waktu dengan mengajar, meneliti, menulis buku, menanam jagung atau kacang. Bikin rumah singgah dari gubuk bambu saja, yang penting ada listrik dan koneksi […]

Artikel 1

Bersyukur

Malam kemarin saya sungguh bersyukur, komentar dan koreksi dari editor untuk jurnal selesai saya tanggapi. Jumlahnya puluhan item. Rasanya seperti habis dari kamar kecil. Lega banget. Pagi ini bersyukur, bisa sarapan dengan enak, di kampus bisa minum teh ahmad yang katany nomor satu di Inggris. Lho kenapa saya bicara soal bersyukur? Sedang ada perdebatan soal bersyukur dengan sudut pandang masing-masing. […]

Perdosenan dan Perguruan Tinggi 3

Karir Dosen

Sejenak mari lupakan petisi. Ya, profesi dosen terlanjur dibuat sulit oleh berbagai kebijakan pemerintah akhir-akhir ini. Tapi apakah lantas seburam itu? Bagaimana buat yang sudah terlanjur menjadi dosen? Mau jadi sopir Busway yang kabarnya memiliki pendapatan lebih tinggi? He he, tentu saja tidak. Saya yakin kita jadi dosen bukan karena sekedar uang kan? Tapi karena juga minat dan kecintaan pada […]

Perdosenan dan Perguruan Tinggi 1

Pro dan Kontra Petisi

Diskusi soal petisi dosen di sebuah Grup facebook sungguh seru dan tak ada habis-habisnya. Ada yang pro dan kontra dengan berbagai argumentasi. Namun menariknya adalah, saya mencoba memahami argumentasi baik yang pro dan kontra dengan memahami latar belakang pembuat argumen. Saya percaya bahwa argumentasi muncul berdasarkan kondisi masing-masing pembuat argumen. Sebagian memandang dengan kacamata sendiri dan enggan memakai kacamata yang […]

Gadget 0

Unlock dan Jailbreak Iphone 4s

Akhirnya setelah hanya berfungsi sebagai ipod, aku tergoda juga untuk mengunlock iphone 4s ku. Maklum, akhir bulan ini mau pulang ke Indonesia. Iphone ini “nganggur” setelah aku hijrah dari softbank ke docomo. Oh ya, rasanya semua iphone dari softbank diunlock, dan softbank tak memiliki jasa “legal” untuk unlock. Beda dengan docomo yang menyediakan jasa unlock sebesar 3.150 yen. Jadi, jika […]

Perdosenan dan Perguruan Tinggi 17

Kabar Petisi

Apakah petisi gagal? Atau berhasil? atau mentok? Ini pasti menghinggapi benak kita semua. Oh ya, petisi dimaksud adalah petisi merevisi Perpres 88 2013 dan 65 2007. Mesti diakui, ritme diskusi dan pembahasan petisi berkurang drastis semenjak kawan2 di Komite Petisi Dosen Indonesia (selanjutnya saya sebut Komite Petisi aja biar keren) mengirimkan surat permohonan audiensi dengan Mendikbud. Surat yang sudah lama […]

Artikel 0

Mahasiswa Banget

Hidupku kayak mahasiswa. Minggu lalu presentasi, hari ini juga presentasi. Habis itu mulai merevisi paper. Ada kiriman komentar untuk sebuah paper yang terakhir aku sentuh enam bulan lalu. hadeuh. Maunya disiplin, baca buku – nulis – baca – nulis – baca – nulis. Apa mau dikata, facebook lebih menarik untuk dibaca-i dan ditulis-i. Maklum lagi butuh terkoneksi dengan kolega-kolega dosen […]

Perdosenan dan Perguruan Tinggi 5

Tentang Beasiswa Dikti

Ada kabar bagus untuk rekan-rekan dosen, yaitu pembaharuan dalam beberapa aspek beasiswa Dikti. Ya, beasiswa yang terkenal sering terlambat ini nampaknya menunjukkan arah-arah perbaikan. Contohnya adalah ditransfernya sejumlah uang yang diduga tuition fee ke rekening karyasiswa jauh-jauh hari sebelum jadwal pembayaran. Ya, walaupun tak ada keterangan itu uang untuk apa, selain keterangan dikirim dari Kemenkeu, bagaimanapun ini cukup melegakan. Uang […]

Artikel 0

Memelihara Kartu Ponsel Indonesia di Jepun

Beberapa bulan pertama di Jepun, kartu XL kesayanganku yang sudah dipelihara bertahun-tahun punah juga. Ya, karena gak diurus sih. Ditaro dalam HP yang nggak pernah dihidupkan. Ketika akan pulang ke Indonesia ternyata sudah almarhum. Padahal ini nomor yang juga dipakai sebagai kontak dengan penyedia kartu kredit. Nah, ketika pulang ke Indonesia, aku memakai kartu Simpati. Kartu ini dipakai dalam penelitian […]